Thomas Sondegau akan Pastikan Akses Jalan Paniai-Intan Jaya

KadaInJa— Anggota Komisi IV DPR Papua bidang infrastruktur, Thomas Sondegau menyatakan akan turun lapangan memastikan akses jalan dari Enarotali, Kabupaten Paniai ke Kabupaten Intan Jaya apakah sudah terhubung seperti pernyataan Wakil Bupati Intan Jaya, Yan Kobogoyau, akhir pekan kemarin.

“Dalam waktu dekat saya berencana turun ke lokasi untuk memastikan. Apakah benar sudah tembus atau belum. Harus kami cek, karena ini juga terkait penganggaran peningkatan kualitas jalan pada tahun depan,” kata Thomas Sondegau, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, sumber pendanaan pembangunan jalan Paniai-Intan Jaya bersumber dari APBN dan APBD provinsi. Tahun ini APBD provinsi yang dikucurkan untuk pembangunan jalan tersebut senilai Rp 23 miliar. Anggaran APBN kini sementara dikerjakan oleh Balai Jalan wilayah Papua dari empat titik.

“Memang sudah ada yang tembus dan ada beberapa titik yang belum. Misalnya dari Distrik Komopa, Paniai ke Intan Jaya sudah tembus tapi ada beberapa titik yang belum tersambung,” ujarnya.

Untuk beberapa titik yang tembus dari arah Paniai ke Wandai, yang merupakan perbatasan dengan Intan Jaya menurutnya, belum dapat dilalui kendaraan roda empat. Hanya kendaraan roda dua atau ojek motor.

“Tapi biaya ojek dari Enarotali, Kabupaten Paniai ke Wandai Rp 600 ribu dan dari Wandai ke Sugapa, ibu kota Intan Jaya Rp 600 ribu. Jadi sekali jalan Rp1,2 juta,” ucapnya.

Meski begitu, Thomas Sodegau yang merupakan perwakilan dari daerah pemilihan Intan Jaya, Nabire, Paniai, Mimika, Deiyai dan Dogiyai itu berharap, jalan penghubung antara kedua kabupaten dapat secepatnya terwujud untuk menekan harga kebutuhan di Intan Jaya, karena selama ini hanya dapat diangkut menggunakan transportasi udara.

“Misalnya saja sekarang, harga air mineral ukuran 1,5 liter di Intan Jaya Rp 50 ribu. Padahal di Nabire mungkin Rp15 atau Rp20 ribu. Kalau jalan darat sudah tembus ke Intan Jaya harga kebutuhan di sana bisa seperti di Paniai atau Nabire,” ujarnya.

Wakil Bupati Intan Jaya, Yan Kobogoyau akhir pekan lalu mengatakan, ruas jalan Paniai-Intan Jaya kini telah terhubung, sudah dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

“Sudah bisa dilalui dari Enarotali, Paniai ke Distrik Wandai, Intan Jaya. Truk dan motor sudah bisa masuk ke Intan Jaya, sejak Oktober 2018,” kata Yan Kobogoyau di Jayapura.

Sumber: tabloidjubi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *